toolbar dalam delphi- modul 2

Delphi adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program/aplikasi komputer berbasis windows. Delphi merupakan bahasa pemograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada merupakan objek-objek. Ciri sebuah objek adalah memiliki nama, properti dan method/procedure. Delphi disebut juga visual programming artinya komponen-komponen yang ada tidak hanya berupa teks (yang sebenarnya program kecil) tetapi muncul berupa gambar-gambar.

 

Tools utama yang ada di Delphi yaitu Menu, Toolbar, Component Palette, Object Inspector, Object TreeView, Code Editor, Project Manager dan beberapa tools lain.

 

 

Toolbar

Toolbar yang ada dalam Delphi berupa sekumpulan tombol untuk fungsi-fungsi yang sering digunakan.  Toolbar tersebut dikelompokkan dalam beberapa kelompok, yaitu Standard Toolbar, View Toolbar, Desktop Toolbar, Debug Toolbar, Component Palette, Internet Toolbar dan Custom.  Untuk menampilkan Toolbar, dari menu View | Toolbars dan pilih Toolbar apa yang akan ditampilkan.

 

Object TreeView

Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis antara komponen visual dan non visual yang terletak pada form.  Semua obyek yang Anda pakai pada form, data module maupun frame akan muncul pada Object TreeView.

 

Component Palette

Component Palette merupakan bagian yang digunakan untuk meletakan berbagai komponen yang sesuai dengan kategorinya.  Misalnya komponen yang digunakan untuk aplikasi yang menggunakan Borland Database Engine (BDE) akan diletakkan pada page BDE.  Jumlah Component Palette pada Delphi 6.0 adalah 29 buah.  Susunan atau urutan dari Component Palette dapat Anda atur dengan mudah dari menu Component | Configure Palette.

 

Object Inspector

Object Inspector digunakan untuk mengubah nilai property dari objek terseleksi yang ada dalam Form Designer. Object Inspector terdiri dari dua bagian, yaitu Properties dan Events.  Setiap jenis komponen akan memiliki property dan event yang berbeda dengan jenis komponen lainnya.

 

Code Editor

Pada bagian inilah Anda dapat menuliskan semua kode dan memasukkan semua unit yang dipakai untuk program yang Anda buat.  Pada bagian bawah Code Editor terdapat status bar yang terdiri dari tiga bagian.  Bagian paling kiri berisi keterangan posisi kursor (yang dinyatakan dalam baris dan kolom).  Kolom kedua berisi keterangan tetang status kode Anda, apakah sudah mengalami perubahan atau belum.  Kolom paling kanan menandakan status tombol insert pada keyboard.

 

Form Designer

Form Designer adalah form tempat kita mengatur komponen sesuai dengan kebutuhan tampilan yang akan dibuat.  Cara meletakkan komponen ke dalam form ada beberapa cara, yaitu

–    Click komponen pada component palette, kemudian click atau drag pada Form.

–    Double click komponen pada component palette, maka komponen tersebut akan terletak pada tengah form.

–    Shift Click pada component palette, kemudian click pada form beberapa kali untuk meletakkan beberapa komponen.  Untuk menormalkan kembali status click, tekan tombol panah pada bagian kiri component palette.

Sumber :

http://www.google.co.id/search?q=toolbar+delphi&hl=id&client=firefox-a&hs=wkN&rls=org.mozilla:en-US:official&prmd=v&lr=lang_id&sa=X&ei=G9rSTOXdHoOecNrepLIM&ved=0CBIQuAE

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s